Posted by: Indonesian Children | January 1, 2009

PENANGANAN SULIT MAKAN PADA ANAK DI PICKY EATERS CLINIC JAKARTA

provided by :

Dr Widodo Judarwanto SpA

PICKY EATERS CLINIC

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL  Taman Bendungan Asahan 5, bendungan Hilir, Jakarta Pusat Indonesia 10210

Phone :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

 www.mypickyeaters.wordpresscom/

 

 

Pendekatan dan penanganan pada kasus kesulitan makan pada anak bukanlah dengan pemberian vitamin nafsu makan, tetapi harus dilakukan pendekatan yang cermat, teliti dan terpadu. Pemberian vitamin nafsu makan hanya akan mengaburkan penyebab Kesulitan makan tersebut. Sering terjadi orang tua dalam menghadapi masalah kesulitan makan pada anaknya telah berganti-ganti dokter dan telah mencoba berbagai vitamin tetapi tidak kunjung membaik. Penanganan kesulitan makan yang paling baik adalah dengan mengobati atau menangani penyebab tersebut secara langsung. Mengingat penyebabnya demikian luas dan kompleks bila perlu hal tersebut harus ditangani oleh beberapa disiplin ilmu tertentu yang berkaitan dengan kelainannya.

Dok, saya minta vitamin anak saya sulit makan. Inilah kesalahan yang sering dilakukan saat konsultasi ke dokter. Yang benar adalah : dok, apa penyebab anak saya sulit makan. Salah satu keterlambatan penanganan masalah tersebut adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya sehingga kesulitan makan tersebut terjadi berkepanjangan. Akhirnya orang tua berpindah-pindah dokter dan berganti-ganti vitamin tapi keluhan tetap tidak membaik.

Penanganan sulit makan yang dilakukan di Picky Eater Clinic Jakarta, adalah mengidentifikasi penyebabnya. Bila terdapat gangguan fungsi saluran cerna dilakukan pendekatan diet eliminasi provokasi makanan yang berpotensi mengganggu. Pendekatan diet tersebut selain memperbaiki fungsi saluran cerna juga berfungsi untuk mencari jenis makanan yang mengganggu saluran cerna sebagai penyebab utama sulit makan.  Program penanganan sulit makan tersebut kadang harus dilakukan untuk jangka panjang, hingga gangguan fungsi saluran cerna tersebut membaik pada usia tertentu.

Meskipun bukan yang utama dapat juga dilakukan penanganan dalam segi neuromotorik melalui terapi okupasi kadang diperlukan. Terapi ini dapat melalui pencapaian tingkat kesadaran yang optimal dengan stimulasi sistem multisensoris, stimulasi kontrol gerak oral dan refleks menelan, teknik khusus untuk posisi yang baik. Penggunaan sikat gigi listrik dapat membantu menstimulasi sensoris otot di daerah mulut. Tindakan yang tampaknya dapat membantu adalah melatih koordinasi gerakan otot mulut adalah dengan membiasakan minum dengan memakai sedotan, latihan senam gerakan otot mulut, latihan meniup  balon atau harmonika.

            Terdapat banyak strategi dan tips cara pemberian makan pada anak sulit makan, yang direkomendasikan oleh para ahli medis dan psikologis. Tetapi ternyata berbagai cara tersebut tidak juga efektif selama gangguan fungsi saluran cerna yang terjadi tidak dikenali dan diperbaiki. Demikian pula pemberian obat ensim pencernaan juga tidak banyak bermanfaat selama penyebab utama tidak ditangani dengan baik.

Anak dengan gangguan makan kebiasaan dan perilaku makannya berbeda dengan anak yang sehat lainnya. Pendekatan yang tak kalah penting adalah selalu sabar dan telaten menghadapi kasus seperti ini, karena akan terjadi jangka panjang dan hilang timbul. Saat timbul gangguan sulit makan orangtua harus cermat biasanya disertai kekambuhan gangguan fungsi saluran cerna.

 

 

Supported by
CLINIC FOR CHILDREN

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat Indonesia 10210

Phone : (021) 70081995 – 5703646

www.clinichildren.wordpress.com/

 

Copyright © 2009, Clinic For Children  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories