Posted by: Indonesian Children | January 1, 2009

PENYEBAB SULIT MAKAN

Dr Widodo Judarwanto SpA  

Ada 3 faktor utama yang mempengaruhi kesulitan makan pada anak, diantaranya adalah hilang nafsu makan, gangguan proses makan di mulut dan pengaruh psikologis. Beberapa faktor tersebut dapat berdiri sendiri tetapi sering kali timbul bersamaan. Penyebab paling sering adalah hilangnya nafsu makan, diikuti gangguan proses makan. Sedangkan faktor psikologis yang dulu dianggap sebagai penyebab utama, mungkin saat mulai ditinggalkan atau sangat jarang.

Penyebab sulit sangat banyak dan bervariasi. Semua gangguan fungsi organ tubuh dan penyakit bisa berupa adanya kelainan fisik, maupun psikis dapat dianggap sebagai penyebab kesulitan makan pada anak. Penelitian yang telah dilakukan d Picky Eaters Clinic Jakarta (Klinik Khusus Kesulitan makan Anak) penyebab yang paling dominan adalah gangguan fungsi saluran cerna pada anak. Repotnya, gangguan fungsi saluran cerna tersebut seringkali berlangsung lama dan akan membaik seiring dengan membaiknya ketidak matangan saluran cerna pada anak atau sekitar usia 5-7 tahun. Meskipun pada beberapa kasus berkepanjangan hingga sampai usia dewasa. Sehingga seringkali gangguan sulit makan akan berlangsung jangka panjang hilang timbul, tetapi pada usia tertentu akan membaik.

Gangguan pencernaan tersebut mulai dari yang ringan hingga yang tidak ringan. Gangguan sulit makan seringkali diawali dengan gangguan saluran cerna. Gangguan fungsi saluran cerna tersebut dapat berkaitan dengan gangguan alergi makanan, penyakit celiac dan gangguan intoleransi makanan lainnya. Seringkali dipicu oleh adanya konsumsi makanan tertentu, hal ini yang menunjukkan kenapa sulit makan dan berat badan sulit naik seringkali bermula setelah usia 6 bulan. Saat mulai makanan tambahan baru dikenalkan, bila jenis makanan tersebut tidak cocok maka gangguan tersebut mulai hilang timbul terjadi. Saat terjadi infeksi pada tubuh baik berupa demam, batuk, pilek maka gangguan fungsi saluran cerna tersebut timbul dan sering diikuti kambuhnya lagi gangguan sulit makan.

 

PENYEBAB SULIT MAKAN

PALING SERING :  GANGGUAN FUNGSI PENCERNAAN (GASTROINTESTINAL FOOD HYPERSENSITIVITY atau karena hipersensitifitas makanan : alergi makanan, Celiac, intoleransi dll)

SANGAT JARANG :

  • Kelainan kronis  (TBC, Infeksi saluran kencing, keganasan, kelainan jantung bawaan, kelainan endokrin dan metabolik, dan gangguan neurologis (persarafan)
  • Gangguan Psikologis

GANGGUAN SALURAN CERNA SEBAGAI PENYEBAB UTAMA

PADA USIA BAYI Sering muntah/kembung, sering “cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden /mulet”, REWEL / GELISAH/COLIC terutama malam hari), BAB sering atau BAB tidak tiap hari sering sulit atau “ngeden”. Warna feses Hijau atau Hitam. Bibir kering, warna hitam atau lidah putih dan serimng ngiler (drooling). Perut rata atau cekung.

PADA ANAK LEBIH BESAR :

  •  Sering buang air besar (> 3 kali perhari) atau susah buang air besar ( ngeden, tidak BAB setiap hari, feses keras hitam atau hijau tua,kecil hitam spt ”tahi” kambing, BERBAU, berak berdarah
  •  Lidah sering kotor (berpulau-pulau), timbul putih, SARIAWAN, BIBIR kering, tebal dan mudah berdarah, air liur berlebihan atau MULUT BERBAU.
  • Sering MUAL, MUNTAH, sering NYERI PERUT ringan dan hilang timbul, 
  • Sejak lahir berat badan tidak pernah optimal atau berat badan kurang setelah umur 4-6 bulan.

GEJALA LAIN YANG MENYERTAI :

  • KULIT SENSITIF, pada bayi sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut. KULIT TIMBUL BERCAK PUTIH SEPERTI PANU. KULIT KERING DAN KASAR
  • GIGI mudah rusak, kuning, hitam, caries
  • Seringkali disertai gangguan alergi lainnya seperti sering pilek, batuk, sesak (asma).

END POINT :

 

  • PADA UMUMNYA, TANDA DAN GEJALA GANGGUAN FUNGSI SALURAN CERNA TERSEBUT SANGAT RINGAN.  SEHINGGA SERINGKALI ORANGTUA BAHKAN SEBAGIAN DOKTER MEREMEHKAN ATAU MENGABAIKAN TANDA DAN GEJALA GANGGUAN INI.
  • TANDA DAN GANGGUAN GANGGUAN FUNGSI TERSEBUT DIANGGAP BIASA ATAU DIANGGAP NORMAL KARENA BANYAK ANAK MENGALAMI.
  • TERNYATA SAAT DILAKUKAN PENANGANAN UNTUK PERBAIKAN GANGGUAN FUNGSI SALURAN CERNA TERSEBUT TANDA DAN GEJALA GANGGUAN TERSEBUT MEMBAIK SEIRING DENGAN ADANYA PERBAIKAN NAFSU MAKAN DAN GANGGUAN MENGUNYAH DAN MENELAN PADA ANAK

 

Supported by

PICKY EATERS CLINIC

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

https://mypickyeaters.wordpress.com/

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com,

 

Copyright © 2009, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories