Posted by: Indonesian Children | January 25, 2009

HASIL KONSULTASI “PICKY EATERS CLUB INDONESIA”

 

DAFTAR  LIST KONSULTASI “PICKY EATERS CLUB INDONESIA”

·         Redaksional pertanyaan akan diedit sesuai kebutuhan tanpa mengurangi materi pertanyaan

·         Jawaban konsultasi diberikan oleh dr Widodo Judarwanto SpA dari Picky Eaters Clinic Jakarta (Klinik Kesulitan Makan Jakarta) 

 

1.     Pertanyaan : Ibu Carolina, Semarang.

Dokter anak saya laki-laki usia 3 tahun sekarang beratnya hanya 12 kg, padahal lahirnya  3,4 kg. memang saat bulan pertama, kedua naik berat badannya Cuma sedikit, tetapi setelah usia 6 bulan kenaikkan berat badannya semakin jelek. Anak saya sulit makan sejak usia 1 tahun. Keluhan ini bertambah jelek atau tidak mau makan sama sekali saat sakit batuk dan pilek. Padahal anak saya sering sakit batuk dan pilek. Memang anak saya sering muntah, meskipun sdh mulai berkurang saat usia 3 tahum, sering sakit perut dan buang air besar tidak tiap hari. Bahkan saat usia 9 bukan anak saya sudah diobati fleks atau sakit paru-paru selama 1 tahun, Anehnya, di rumah tidak ada yang sakit paru-paru, hasil test mantouxtnya negatif. Bagaimana dok, saya sangat frustasi, nih. Tetapi dibalik itu anak saya kadang berbesar hati karena anak saya tetap aktif dan pintar. Apa sih penyebab anak saya sulit makan, padahal saya sudah dating ke berbagai dokter spesialis anak, bahkan ke beberapa psikolog tapi anak saya baik-baik aja, bahkan sya yang sering disalahkan oleh dokter atau psikolog padahal anak saya yang lain baik-baik aja.

 

Jawaban :

Ibu Carolina yang baik, jagoan ibu tampaknya masuk criteria anak Picky Eaters. Anak Picky Eaters biasanya penyebab sulit makan sangat banyak dan bervariasi. Tetapi melihat gejala yang ada tampaknya anak ibu penyebabnya gangguan fungsi saluran cerna. Sayangnya gangguan fungsi saluran cerna tersebut sangat ringan sehingga sering tidak terdeteksi orangtua bahkan sebagian dokter yang ibu kunjungi. Gangguan fungsi saluran cerna yang terjadi seringkali karena hipersensitivitas makan bisa karena alergi, intoleransi atau celiac.

Sebaiknya dilakukan Food Chalenge diet, yaitu dengan menghindari beberapa makanan yang dicurigai mengganggu (lihat daftar makanan yang ada di artikel) selama 3 minggu. Setelah gangguan fungsi saluran cerna membaik seperti sakit perut, mual, muntah, mulut berbau dan BAB sulit maka insya allah nafsu makannya akan membaik. Biasanya gangguan tersebut disertai gangguan tidur malam seperti tidur bolak-balik, mengigau, menangis.

Penderita Picky Eaters sering mengalami overdiagnosis TBC (belum tentu menderita TBC tetapi terlalu cepat divonis TBC), lain kali pasti ada lagi yang curiga terhadap penyakit TBC pada anak ibu, karena gejala pada anak picky eaters mirip sekali dengan gejala TBC dan gangguan Picky eaters ini akan berkepanjangan sampai usia 5-7 tahun. Bila dalam 3 minggu tersebut nafsu makan anak ibu membaik dan berat badan naik, maka ibu tidak usah kawatir, insya Allah gangguan sulit makan saluran cerna anak ibu karena gangguan fungsi saluran cerna.

Biasanya anak Picky Eaters sangat aktif dan cerdas, hal ini berbeda dengan anak kurang gizi primer (anak kurang mampu ekonominya). Anak Kurang Gizi primer biasanya lemah, lesu dan kecerdasannya berkurang. Sedanghkan anak ibu kurang gizi sekunder atau penyebabnya bukan karena masalah ekonomi tetapi karena gangguan fungsi saluran cerna. Tetapi jangan diremehkan, bila berkepanjangan anak ibu beresiko mengalami defisiensi atau kekurangan zat besi (anemia), kalsium dan berbagai mineral lainnya

 

Supported by :

PICKY EATERS CLINIC

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat Indonesia 10210

Phone : (021) 70081995 – 5703646

www.mypickyeaters.wordpress.com/

 

Clinic and Editor in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO SpA, pediatrician

email : judarwanto@gmail.com

curriculum vitae

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories