Posted by: Indonesian Children | April 22, 2009

PICKY EATERS ATAU SULT MAKAN, BENARKAH HANYA SEKEDAR MASA-MASANYA ANAK MEMANG DEMIKIAN?

WADUH, ANAKKU SULIT MAKAN…! CAPEK, DEH…!!?? HAL INILAH YANG SERING DIALAMI OLEH PARA ORANGTUA. BANYAK DOKTER SUDAH DIKUNJUNGI TAPI HASIL TETAP SEPERTI ITU JUGA.  BANYAK PENDAPAT BAIK ORANGTUA ATAU SEBAGIAN DOKTER MENGATAKAN, WAH NGGA PAPA BU….MEMANG ITU MASA-MASA ANAK SULIT MAKAN, NANTI KHAN AKAN MEMBAIK SENDIRI USIA TERTENTU ! BENARKAH SULIT MAKAN PADA ANAK SESUATU YANG NORMAL ? BENARKAH SULIT MAKAN TIDAK PERLU DIKAWATIRKAN KARENA, MASA-MASANYA ANAK MEMANG DEMIKIAN ?

 

Pemberian makan pada anak memang sering menjadi masalah buat orangtua atau pengasuh anak. Keluhan tersebut sering dikeluhkan orang tua  kepada dokter yang merawat anaknya. Lama kelamaan hal ini dianggap biasa, sehingga akhirnya timbul komplikasi dan gangguan tumbuh kembang lainnya pada anak. Salah satu keterlambatan penanganan masalah tersebut adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya sehingga kesulitan makan tersebut terjadi berkepanjangan. Akhirnya orang tua berpindah-pindah dokter dan berganti-ganti vitamin tapi tampak anak kesulitan makannya tidak membaik. Sering juga terjadi bahwa kesulitan makan tersebut dianggap dan diobati sebagai infeksi tuberkulosis yang belum tentu benar diderita anak.

Kesulitan makan atau Picky Eaters bukanlah diagnosis atau penyakit, tetapi merupakan gejala atau tanda adanya penyimpangan, kelainan dan penyakit yang sedang terjadi pada tubuh anak. Pengertian kesulitan makan adalah jika anak  tidak mau atau menolak untuk makan, atau mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jenis dan jumlah sesuai usia secara fisiologis (alamiah dan wajar), yaitu mulai dari membuka mulutnya tanpa paksaan, mengunyah, menelan hingga sampai terserap dipencernaan secara baik tanpa paksaan  dan tanpa pemberian vitamin dan obat tertentu. Gejala kesulitan makan pada anak  (1). Kesulitan mengunyah, menghisap, menelan makanan atau hanya bisa makanan lunak atau cair, (2) Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak, (3).Makan berlama-lama  dan memainkan makanan, (4) Sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut atau menutup mulut rapat, (5) Memuntahkan atau menumpahkan makanan, menepis suapan dari orangtua, (6). Tidak menyukai banyak variasi makanan dan (7), Kebiasaan makan yang aneh dan ganjil

 

USIA SULIT MAKAN DI BAWAH USIA TERTENTU

 

Faktor kesulitan makan pada anak inilah yang sering dialami oleh sekitar  25% pada usia anak, jumlah akan meningkat sekitar 40-70% pada anak yang lahir prematur atau dengan penyakit kronik. Hal ini pulalah yang sering membuat masalah tersendiri bagi orang tua, bahkan dokter yang merawatnya. Penelitian yang dilakukan di Jakarta menyebutkan pada anak prasekolah usia 4-6 tahun, didapatkan prevalensi kesulitan makan sebesar 33,6%. Sebagian besar 79,2% telah berlangsung lebih dari 3 bulan.

Memang benar pendapat bahwa usia sulit makan sering terjadi pada usia tertentu, dan akan membaik pada usia tertentu pula. Memang benar sekitar 30% anak mengalami sulit makan. Sehingga karena banyaknya anak sulit makan sering dianggap normal. Tapi bukan berarti ini keadaan yang sepenuhnya normal. Kenapa 70% anak lainnya tidak mengalami hal demikian. Bila punya 3-4 anak, kenapa anak kita yang lain tidak mengalaminya. Jadi pendapat yang mengatakan bahwa itu adalah normal dan karena masa-masa anak memang sulit makan harus lebih dicermati lagi. Bila dalam jangka waktu tertentu tidak diperbaiki dengan baik maka akan terjadi berbagai kompikasi yang dapat terjadi apalagi bila ini berlangsung dalam jangka panjang.

Berbagai pendapat itu seringkali timbul karena penyebab sulit makan sangat banyak dan sulit dideteksi dengan baik. Dari penelitian Picky eaters Clinic, penyebab sulit makan pada usia anak paling sering karena gangguan fungsi saluran cerna. Sayangnya pada beberapa anak gangguan ini sangat ringan, bukan hanya orangtua sebagian dokter bahkan menganggap gangguan tfungsi saluran cerna yang ringan tersebut diabaikan. Ternyata bila gangguanm saluran cerna tersebut diperbaiki, maka problema kesultan makan pada anak dapat diperbaiki dengan baik. Gangguan fungsi saluran cerna biasanya seringkali dipengaruhi imaturotas saluran cerna anak tertentu masih belum optimal Dalam pertambahan usia biasanya setelah usia 5-7 tahun akan membaik dengan sendirinya. Hal inilah yang menjelaskan kernapa sulit makan akan membaik pada usia tersebut. Tapi sebaiknya orangtua jangan menunggu sulit makan itu membaik pada usia tertentu, karena ternyata banyak gangguan dan komplikasi yang dapat terjadi.

 

Supported by

PICKY EATERS CLINIC

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

https://mypickyeaters.wordpress.com/

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com,

 

Copyright © 2009, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories