Posted by: Indonesian Children | January 16, 2010

Hormon Pengendali Nafsu Makan

Hormon Pengendali Nafsu Makan

Tim ilmuwan dari inggris belum lama ini berhasil menemukan hormon yang bisa meredam nafsu makan berlebihan. Hormon itu adalah Leptin. Tak cuma mengontrol rasa lapar, Leptin ternyata juga bisa mengendalikan nafsu makan.

Para ilmuwan yang dipimpin Paul C. Fletcher, ahli jiwa dari universitas Cambridge, mengetahui bahwa besar kecilnya nafsu makan seseorang bergantung pada kemampuan tubuhnya dalam menghasilkan Leptin. “semakin sedikit jumlah Leptin semakin besar nafsu makan,” kata Fletcher, seperti dilansir situs HealthdayNews.

Leptin dihasilkan oleh sel lemak, melalui aliran darah, hormon ini bergerak menuju otak. Leptin selanjutnya memerintah otak memberikan sinyal yang memberikan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar. Leptin juga mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab terhadap hasrat makan. kehadiran hormon ini membuat seseorang akan makan hanya ketika perutnya dalam kondisi lapar.

Fletcher berharap penemuan ini mampu memberikan cakrawala pemikiran baru mengenai masalah obesitas dan penanganannya. “memahami proses interaksi antara sistem otak dan hormon pemberi sinyal lapar membuat kita memiliki gambaran lebih lengkap mengenai faktor apa saja yang mengontrol perilaku makan, termasuk lebih mengerti mengapa ada orang yang begitu sulit mengendalikan makannya, ” katanya.

PICKY EATERS CLINIC
https://mypickyeaters.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories