Posted by: Indonesian Children | January 17, 2010

Hormon PYY3-36 Mengontrol Nafsu Makan

Hormon PYY3-36 Mengontrol Nafsu Makan

Para ilmuwan telah mengidentifikasi dua substansi yang dapat memerintahkan tubuh untuk berhenti makan. Menurut mereka substansi tersebut dapat digunakan untuk obat perawatan kegemukan.

Peneliti Inggris mengatakan hormon yang diproduksi usus tersebut dapat mengurangi nafsu makan penderita kegemukan. Studi kedua menemukan asam gemuk juga mengontrol rasa lapar.

Namun para ilmuwan tersebut mengatakan cara terbaik untuk mengurangi berat badan adalah makan dengan sewajarnya dan melakukan olah raga dengan teratur.

Studi tersebut juga menemukan jumlah hormon tertentu di tubuh penderita kegemukan sepertiga lebih rendah daripada orang kurus. Peningkatan hormon PYY3-36 didapati akan mengurangi nafsu makan dan konsumsi kalori orang kurus dan gemuk.

Beberapa peneliti yang menulis di Jurnal Kesehatan New England mengatakan penelitian mereka menawarkan bukti bahwa hormon dapat membentuk basis pengobatan kegemukan.

Hormon PYY3-36 diproduksi oleh sel-sel kelenjar endokrin di bagian usus. Hormon ini dikeluarkan setelah makanan masuk dan mengirim sinyal ke hypothalamus di otak untuk mengatakan bahwa telah cukup makanan yang diolah.

Peneliti-peneliti dari Imperial College London dan Hammersmith Hospital meneliti tingkat hormon 12 pasien gemuk dan 12 pasien kurus.

Setelah berpuasa sepanjang malam, mereka diberikan tetesan ke pembuluh darah yang mengandung hormon atau larutan garam yang tidak ada fungsinya selama 90 menit. Baik dokter atau pasien tidak mengetahui siapa yang diberikan larutan.

Dua jam kemudian, pasien-pasien tersebut diberikan makanan dan dizinkan untuk makan sebanyak mungkin mereka inginkan. Proses tersebut diulangi pada kesempatan kedua dengan pasien diberikan larutan yang lain.

Pada akhir studi ditemukan semua pasien makan lebih sedikit ketika mereka diberikan larutan hormon daripada ketika mereka diberikan larutan garam. Secara keseluruhan masukan kalori bekurang sepertiganya.

Profesor Steve Bloom, salah seorang penulis penelitian mengatakan, “Penemuan bahwa orang gemuk memiliki tingkat PYY3-36 lebih rendah, faktor penting dalam pembatasan nafsu makan, menyarankan sebuah pengobatan baru yang dapat dilakukan bagi jutaan penderita kegemukan.”

“Riset kami sebelumnya menunjukkan bahwa memungkinkan untuk mengurangi konsumsi kalori pasien kurus dengan memberi PYY3-36.”

“Penemuan baru yang menyarankan peningkatan PYY3-36, menawarkan pendekatan baru terhadap pengobatan kegemukan dalam masyarakat kita,” ujarnya.

Sumber : BBC

PICKY EATERS CLINIC
https://mypickyeaters.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories