Posted by: Indonesian Children | April 29, 2010

Gangguan Makan Pada Wanita berkurang Saat Jadi Ibu

Gangguan Makan Pada Wanita berkurang Saat Jadi Ibu

Perempuan memiliki lebih sedikit gangguan makan setelah memiliki anak dibandingkan dengan teman sebaya mereka yang tak mempunyai anak. Kebanyakan karena mereka berhenti minum-minuman beralkohol dan berhenti berperilaku semau sendiri, demikian temuan baru dari Norwegia.

Temuan itu mungkin menyimpan kebenaran bagi perempuan yang tinggal di negara dengan sistem yang kurang ramah untuk mendukung orang tua yang memiliki anak kecil, kata Tilman von Soest dari Norwegian Social Research di Oslo dan Dr. Lars Wichstrom dari Norwegian University of Science and Technology di Trondheim, penulis studi tersebut.

“Di lingkungan yang kurang mendukung, saya menduga banyak orang tua terbuka pada lebih banyak tekanan, seperti, kondisi psikologis dan keuangan,” kata von Soest melalui surat elektronik (email).

“Kondisi terbuka terhadap tekanan semacam itu mungkin menangkal pengaruh positif dari perubahan gaya hidup ketika menjadi ibu,” tambahnya.

Von Soest dan Wichstrom menelusuri 1.206 perempuan yang mulanya tak memiliki anak selama enam tahun guna menentukan apakah menjadi ibu memiliki pengaruh pada pola makan.

Perempuan memang memperlihatkan lebih sedikit gangguan makan setelah mempunyai anak, yang menurut para peneliti disebabkan oleh pengurangan perilaku yang hanya berdasarkan keinginan sendiri dan penurunan penggunaan alkohol. Namun, meskipun perempuan yang tak mempunyai anak memperlihatkan kepuasan yang meningkat dengan penampilan mereka, perempuan yang menjadi ibu tidak memperlihatkan gejala itu.

Berdasarkan temuan tersebut, von Soest mengatakan mungkin saja pengurangan penggunaan alkohol dan tindakan lain untuk menciptakan gaya hidup yang lebih stabil dapat membantunya untuk mengatasi gangguan makan.

 

Supported by

PICKY EATERS CLINIC

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

https://mypickyeaters.wordpress.com/

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO, pediatrician

email : judarwanto@gmail.com,

Copyright © 2010, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories