Posted by: Indonesian Children | April 29, 2010

Olahraga Rutin Bisa Kurangi Nafsu Makan

Olahraga Rutin Bisa Kurangi Nafsu Makan

Siapa bilang olahraga membuat nafsu makan bertambah besar? Hasil yang dilakukan peneliti menemukan olahraga yang dilakukan rutin justru bisa mengurangi nafsu makan. Dengan olahraga rutin tubuh akan mengeluarkan sinyal kenyang yang bisa mengalahkan rasa lapar.

Orang yang melakukan olahraga secara rutin bisa mengurangi berat badannya karena mengalami peningkatan nafsu makan di pagi hari, tapi tidak di siang hari. Sedangkan orang yang olahraganya jarang tidak berhasil mengurangi berat badan dan mereka tidak nafsu makan pagi, tapi mengalami peningkatan nafsu makan di siang hari.

Dalam studi yang dilakukan terhadap 58 orang dewasa obesitas dan kelebihan berat badan, peneliti menemukan bahwa banyak olahraga adalah satu cara efektif mengurangi berat badan.

Meski banyak yang bilang bahwa setelah berolahraga nafsu makan akan bertambah, tapi buktinya partisipan yang mengikuti studi itu justru tidak berselera makan lagi setelah melakukan olahraga.

Partisipan yang melakukan olahraga secara rutin dan sukses mengurangi berat badannya mengaku mengalami peningkatan nafsu makan di pagi hari, tapi tidak di siang hari. “Alasan orang yang sukses menurunkan berat badan adalah berkurangnya nafsu makan, yang ternyata berasal dari seringnya berolahraga,” ujar Dr. Neil King dari Queensland University of Technology di Brisbane, Australia seperti dikutip dari Reuters.

Tapi King mengingatkan agar seseorang tidak memaksakan olahraga jika rasa laparnya sudah berlebihan dan tidak normal.

Studi sebelumnya yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, King dan rekannya meneliti 58 wanita dan pria yang berbobot lebih selama 12 minggu. Partisipan pun mengikuti olahraga khusus untuk membakar 500 kalori.

Setiap pagi, partisipan diberi sarapan sereal atau roti panggang dan diminta mengukur tingkat lapar mereka sebelum mengonsumsi sarapan, setelah dan di sisa hari setelah sarapan. Setelah 12 minggu, sebanyak 32 partisipan berhasil mengurangi berat badan sedangkan 26 lainnya tidak.

Ternyata mereka yang berhasil mengurangi berat badan adalah mereka yang nafsu makan paginya besar dan nafsu makan siangnya sedikit serta rajin berolahraga, sedangkan mereka yang tidak berhasil mengurangi berat badan justru tidak nafsu makan pagi, bernafsu di siang hari dan olahraganya jarang.

Tidak jelas juga mengapa ada pengurangan nafsu makan setelah berolahraga. Tapi peneliti menduga bahwa selama beraktivitas fisik, ada dua hal yang terjadi, yaitu peningkatan nafsu makan yang justru memicu sinyal kenyang pada tubuh. Sinyal kenyang itu kemudian mengalahkan rasa lapar.

“Pesan kuncinya adalah, olahraga sangat baik untuk tubuh. Tak perlu mengharapkan pengurangan berat badan yang tidak realistis dan jangan berhenti jika tidak berhasil mengurangai berat badan,” ujar King

Supported by

PICKY EATERS CLINIC

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

https://mypickyeaters.wordpress.com/

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO, pediatrician

email : judarwanto@gmail.com,

Copyright © 2010, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Responses

  1. semangat…salam kenal…

    thanks..

    di tunggu kunjungan baliknya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories