Posted by: Indonesian Children | April 22, 2009

ANAK SAYA MAKAN BANYAK, KENAPA KOK BERATNYA SULIT NAIK ?

ANAK SAYA MAKAN BANYAK, KENAPA KOK BERATNYA SULIT NAIK ?

Banyak orangtua mengeluh kepada dokter, dok ….anakku makannya banyak kenapa kok beratnya sulit naik. ? Pertanyaan klasik ini sering menjadi tanda tanya besar baik orangtua atau dokternya. Tetapi benarkah memang anak tersebut makannya banyak ? Ataukah ada karakteristik tertentu pada anak tersebut ?

  • BENARKAH PORSI MAKAN ANAKKU CUKUP  ? Identifikasi bahwa kecukupan makan anak banyak seringkali relatif sulit. Yang sering terjadi bila dicermati banyak faktor yang mengaburkan informasi atau fakta kualitas dan jumlah asupan nutrisi yang diterima anak. Hal ini disebabkan karena banyak orangtua menyerahkan aktifitas pemberian makan pada pembantu atau orang lain. Seringkali informasi kecukupan makan hanya dilihat dari kosongnya piring atau mangkuk sang anak. Padahal beberapa kasus ditemukan bahwa , karena frustasinya baby sitter memberi makan pada anak, dengan gampangnya dia membuang makanan tersebut di selokan dan dilaporkan anak banyak makan, beres ..!
  • Contoh lain, pada anak tertentu usia di bawah 3 tahun makan mungkin telah cukup jumlah dan kualitasnya tetapi ternyata asupan susunya sangat kurang, hal ini juga harus diperhirtungkan.
  •  Hal lain yang sering terjadi bahwa anak makannya banyak dalam 1 bulan hanya 5-7 hari tetapi hari lainnya sangat sulit makan. Orangtua hanya menyimpulkan bahwa anaknya banyak makan dari hasil 5-7 hari tersebut, tetapi tidak memperhatikan beberapa hari lainnya yang kadangkala sulit.
  •  Kesalahan lain yang dialami adalah orangtua terutama yang mempunyai anak tunggal, tidak mengetahui berapa jumlah makan anak normal sesuai usia tertentu dan tidak pernah mengukur dengan pasti jumlah yang masuk. Sering didapatkan, orangtua berkeras mengatakan bahwa anaknya makan banyak, tetapi setelah dicermati ternyata tidak optimal. Dok.. anak saya makannya banyak, tetapi waktu ditanya…jumlah susu yang diminum setiap kali …dijawab iya…sih dok cuman bisa minum 90 cc tiap kali minum. Hal lain dok, anak saya habis makan satu mangkok,…tetapi tidak dicermati berapa banyak jumlah dalam satu mangkok.  Setelah diteliti cermat ternyata selama ini anak usia 9 bulan hanya diisi 5 sendok makan dewasa. Padahal kemampuan makan anak usia 6 bulan sekali makan adalah 6 sendok makan dewasa, 7 bulan 7 sendok makan, 8 bulan 8 sendok makan, dan seterusnya sampai usia tertentu.
  • Kondisi lain ternyata, ada kelompok anak tertentu, sejak lahir berat badannya sulit optimal. Biasanya dalam kartu KMS grafik yang ditulis tidak pernah mencapai batas atas. Sayangnya saat ini banyak dokter tidak menulis grafik berat badan yang ada dalam buku kesehatan anak. Anak dalam kelompok ini seringkali beresiko untuk sulit mencapai berat badan optimal pada usia tertentu. Sebagian besar kelompok  anak seperti ini mengalami gangguan fungsi saluran cerna. Seringkali ditemui riwayat orang tua yang sama, pada saat usia anak-anak. Tetapi hal ini bukan berarti anak tersebut beratnya kecil menurun dari orangtuanya. Tetapi bila dicermati orangtuanya juga mengalami gangguan fungsi saluran cerna. Mungkin saja yang menurun adalah gangguan fungsi saluran cernanya. Jadi bila gangguan tersebut diperbaiki maka riwayat berat badan yang kurang seperti ayahnya dapat diperbaiki dengan segera.
  • Sedangkan penyebab lain meskipun jarang adalah masalah genetik, kelainan metabolisme, atau penyakit bawaan lainnya. 

DETEKSI DINI SULIT MAKAN DAN GANGGUAN KENAIKKAN BERAT BADAN :

  • saat usia 0-6 bulan kemampuan minum hanya 60-75 cc sekali minum, 6 – 1 tahun hanya 90 cc sekali minum. Minum ASI hanya sebentar (10 menit) tapi sering, produksi ASI sering sisa.
  • Usia 0-4 bulan kenaikkan Berat badan setiap bulan hanya naik < 800 gram. Kenaikan berat badan lebih jelek setelah usia 4-6 bulan. 
  • Berat badan saat lahir kurang   (< 2,500 gram) meskipun usia kehamilan sudah cukup bulan (9 bulan)
  •    Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak dan menepis suapan dari orangtua atau sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut.
  •  Makan berlama-lama  dan memainkan makanan.
  •  Kesulitan menelan hanya mau makan makanan cair, lumat dan tidak berserat.
  •  Kesulitan mengunyah tetapi langsung menelan makanan. Tidak menyukai variasi banyak makanan. Sering pilih-pilih makanan.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

Supported by

PICKY EATERS CLINIC 

KLINIK KHUSUS KESULITAN MAKAN PADA ANAK

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com 

https://mypickyeaters.wordpress.com/ 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO 

email : judarwanto@gmail.com,

 

Copyright © 2009, Picky Eaters Clinic Information Education Network. All rights reserved.

 


Responses

  1. Waduh, setahu saya kalau kapasitas perut anak kan berbeda2 ya. Sama kaya orang dewasa. Ada yang makan banyak banget, tapi tetep langsing. Ada yang makan dikit tapi cepat gemuk (kaya saya). Terus, kok anak harus selalu di grafik atas KMS. Atuh overweight semua ya….. Kan diciptakan Tuhan juga variasi ukuran tubuhnya, kalau sama semua, ntar jadi keluaran pabrik ya….
    Kalau menurut saya, yang penting anak sehat. Dan walaupun kecil, kan bisa dilihat grafik kecenderungannya seperti apa. Kalau lahir cuma 2,4 kg kaya anak saya, masa mau ada di KMS grafik atas.
    =)

    • Memang benar karakteristik tiap anak berbeda banyak faktor yg berpengaruh bisa genetik, nutrisi ato gangguan lainnya. Ttp tdk semua berat badan lahir dibwh 2500 gr selanjutnya hrs kecil, kalau BBnya kecil krn gangguan nutrisi saat kehamilan, biasanya stl usia tertentu bisa gemuk, ttp sbgn anak sulit naik, pada kelompok yang sulit naik ini sebenarnya bisa dioptimalkan meskipun sulit untuk gemuk. Biasanya kelompok anak terakhir ini biasanya fungsi pencernannya sensitif, dan masuk kelompok anak anak yg beresiko gagal tumbuh dan picky eaters

  2. keponakan saya susah sekali makan, tapi suka minum susu, makan es krim dan buah2an. Umurnya skarang baru 3 thn, tapi berat badannya sudah mencapai 18 kg..apakah kebiasaan seperti itu normal dan sehat?

  3. […] Anak saya makan banyak, kenapa kok beratnya sulit naik ? […]

  4. sebelumny sy mau tny anak sya umur 19 bln dan bru 3 hr ini sya ksh nasi biasany untuk porsi anak seusia itu brp kali sehari y masalah nya sya ksh makan anak hny 2× sehri itu pun hny 3 sendok mkn selebih ny syur myur apakah itu normal ? dan slingan ny sya ksh jus buah apakh gizi anak sya telah cukup ? terima ksh

  5. anak sy umur 3 th dg berat 11 kg dg berat sgitu dia kelihatan kurus skali masalahnya dia hanya mau mkn bubur saja,cemilan pun hanya biskuit itu jg dg merk tertentu saja, minum susu hanya 2x sehari, yg ingin sy tanyakan bgmn mengatasi masalah anak sy?


Leave a comment

Categories